Indonesian English Arabic
Select Page
Bagikan Ke  

Batusangkar – Proses pendaftaran untuk menentukan Bakal Calon Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Mahmud Yunus Batusangkar Masa Jabatan 2024-2028 secara resmi berakhir pada tanggal 15 Mei 2024, setelah hampir sebulan pengumuman dan sosialisasi. Tercatat, sebanyak lima bakal calon telah mendaftar, menandakan antusiasme tinggi dari kalangan akademisi untuk memimpin perguruan tinggi ini ke depan.

Ketua Panitia Penjaringan Bakal Calon Rektor, Dr. H. Eficandra, S. Ag., M. Ag, menyatakan, “Alhamdulillah, Kita telah menerima lima pendaftar.” Kelima kandidat tersebut adalah:

1. Prof. Delmus Puneri Salim, S. Ag., M. A., M. Res., Ph. D. (Guru Besar IAIN Manado)

2. Prof. Syafrimen, M. Ed., Ph. D. (Guru Besar UIN Raden Intan Lampung)

3. Prof. Dr. Hendra Harmi, S. Ag., M. Pd. (Guru Besar IAIN Curup)

4. Prof. Dr. Marjoni Imamora, M. Sc. (Guru Besar UIN Mahmud Yunus Batusangkar)

5. Prof. Dr. Suswati Hendriani, M. Pd., M. Pd. (Guru Besar UIN Mahmud Yunus Batusangkar)

Dalam ajang penjaringan dan pemilihan yang menggugah intelektualitas, kelima kandidat yang bertarung untuk posisi kepemimpinan tertinggi di UIN Mahmud Yunus Batusangkar saat ini sedang berkembang menuju ”Global University”. Kelima Profesor tersebut, dengan pengetahuan mendalam dan pencapaian akademik yang luar biasa, telah menguraikan strategi mereka untuk menata dan memperkuat dunia pendidikan tinggi saat ini.

Proses pendaftaran yang berlangsung dari tanggal 17 April s.d 15 Mei 2024 memberikan waktu yang cukup bagi para bakal calon untuk mempersiapkan diri dan menyampaikan visi-misi kepemimpinan dan program peningkatan mutu UIN Mahmud Yunus kepada civitas akademika UIN Mahmud Yunus Batusangkar. Selanjutnya, Panitia Penjaringan akan melakukan proses dan tahapan berikutnya sesuai aturan dan ketentuan yang berlaku, verifikasi berkas/dokumen persyaratan, penetapan dan pengumuman, dan pertimbangan kualitatif oleh Senat UIN Mahmud Yunus Batusangkar, sehingga nantinya calon terbaik yang akan memimpin kampus ini dalam masa jabatan 4 tahun mendatang.

Pemilihan Rektor UIN Mahmud Yunus Batusangkar ini bukan hanya menjadi perhatian bagi civitas akademika UIN Mahmud Yunus Batusangkar, tetapi juga bagi masyarakat Sumatera Barat dan Indonesia secara luas. Harapannya, hasil seleksi bakal calon rektor ini akan menjadi bagian terpenting untuk mewujudkan visi dan misi UIN Mahmud Yunus Batusangkar sebagai ” Kampus Sains Islam, Refleksi Surau Minangkabau “, serta sebagai pusat pendidikan Islam yang unggul di Indonesia.

Ketua Panitia beserta Tim bersyukur atas proses pendaftaran ini yang berjalan lancar dan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.  ”Semoga tahapan dan proses selanjutnya juga berjalan lancar dan dimudahkan Allah SWT sampai terpilihnya Rektor selanjutnya, karena masa jabatan Rektor sekarang yaitu sampai tanggal 28 Juli 2024”, tutupnya. (Humas)