Indonesian English Arabic
Select Page
Bagikan Ke  

Batusangkar – Suasana khidmat mengiringi Ibadah Jum’atan pertama di Masjid UIN Mahmud Yunus Batusangkar pada Jumat, 04 Ramadhan 1445 H/15 Maret 2024 M, ketika Prof. Dr. Marjoni Imamora, M.Sc, Rektor UIN Mahmud Yunus Batusangkar, mengambil peran sebagai khatib dan mengajak ratusan jamaah untuk mengeksplorasi makna Ramadhan sebagai momentum perubahan yang holistik.

Dalam khutbahnya yang penuh hikmah, Prof. Marjoni Imamora menekankan bahwa ”Ramadhan bukanlah sekadar menjalankan ibadah puasa, melainkan kesempatan emas untuk melakukan transformasi dalam segala aspek kehidupan”. Mengacu pada ayat 18 surat Al Hasyr, beliau mengingatkan ”agar umat Islam untuk senantiasa melakukan introspeksi dan berubah menjadi individu yang lebih baik sebagai persiapan menghadapi kehidupan akhirat”, kata Rektor.

Prof. Marjoni juga mengutip kata-kata bijaknya Umar Bin Khatab r.a, yang menegaskan pentingnya melakukan hisab (perhitungan) terhadap diri sendiri sebelum dihisab oleh Allah SWT di akhirat. Dalam intisari khutbahnya, Prof. Marjoni menyoroti tiga aspek kunci yang perlu diperbaiki dan diubah oleh setiap individu Muslim dalam memaknai ramadhan:

1. Pemahaman dan Praktik Beragama, beliau menekankan perlunya mendalami pemahaman agama Islam dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari, bukan hanya dalam bentuk ritual tetapi juga substansial.

2. Sifat dan Karakter,  Prof. Marjoni menyoroti pentingnya meningkatkan sifat dan karakter mulia seperti kesabaran, kejujuran, dan keikhlasan, sambil menghapus sifat-sifat negatif seperti iri hati dan hasad dengki.

3. Interaksi Sosial, Terutama dengan Orang Tua,  beliau menekankan pentingnya menjalin hubungan yang harmonis dan penuh kasih sayang dengan sesama, serta menghindari perilaku yang merugikan dan menyakiti orang lain, khususnya dalam berinteraksi dengan orang tua.

Dengan fokus pada perubahan holistik dalam diri, Prof. Marjoni berharap agar umat Islam dapat menggali manfaat maksimal dari bulan Ramadhan ini untuk meningkatkan kualitas kehidupan spiritual dan sosial mereka serta memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar. HB