Oleh: Mimi Herman, M.Pd
Dosen: Tadris Kimia UIN Mahmud Yunus Batusangkar
Abstrak: Pengembangan E-Modul Interaktif pada Materi Model Pembelajaran Terintegrasi Nilai- Nilai Moderasi Beragama. Keberagaman suku, Bahasa, budaya dan agama yang dimiki oleh Indonesia seharusnya menjadi khanazah kekayaan bangsa. Namun, belakangan ini keberagaman tersebut menjadi pemicu disharmonisasi terutama jika dikaitkan dengan agama. Masalah disharmonisasi keagamaan seperti intoleransi juga terjadi dalam lembaga pendidikan. Contoh sikap intoleransi adalah penyebaran berita tidak benar (hoaks) dan persekusi yang meningkat dikalangan siswa SMA, bullying dan timbulnya pembedaan didasari agama, suku dan lainnya merupakan bentuk intoleransi. Salah satu cara mengatasi hal tersebut adalah mengintegrasikan nilai-nilai moderasi beragama pada proses perkuliahan melalui media pembelajaran. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah menghasilkan e-modul model pembelajaran dalam mata kuliah Strategi Pembelajaran Kimia terintegrasi nilai-nilai moderasi beragama yang valid dan praktis. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development dengan model 4D. Objek penelitian ini adalah Mahasiswa semester IV Jurusan Tadris Kimia UIN Mahmud Yunus Batusangkar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai validitas Bahasa dari e-modul adalah 0.89 dengan kategori validitas sangat tinggi, validitas materi 0.76 kategori validitas tinggi, nilai validitas konstruk 0.76 kategori validitas tinggi. Hasil uji praktikalitas menurut Mahasiswa adalah 0,89 kategori praktikalitas sangat tinggi. Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa e-modul model pembelajaran dalam mata kuliah Strategi Pembelajaran Kimia terintegrasi nilai-nilai moderasi beragama sangat valid dan sangat praktis digunakan dalam proses perkuliahan.
Kata kunci: nilai moderasi beragama, e-modul, model pembelajaran.
Laporan Penelitian Lengkap Dapat di Unduh pada Laman: https://lppm.uinmybatusangkar.ac.id/laporan-penelitian/