Indonesian English Arabic
Select Page
Bagikan Ke  

Oleh: Rahmat Firdaus, M.E.Sy

Dosen: Manajemen Zakat dan Wakaf (MAZAWA) FBEI UIN Mahmud Yunus Batusangkar

Marketing mix atau yang dalam bahasa Indonesia dikenal dengan bauran pemasaran menjadi fondasi model dasar suatu bisnis. Marketing mix dapat didefinisikan sebagai suatu strategi pemasaran yang menggabungkan beberapa elemen di dalamnya secara terpadu demi mencapai sebuah tujuan marketing pasar yang telah ditargetkan. Tingginya jumlah msyarakat di Kabupaten Tanah Datar dalam menekuni usaha kue kering tentunya tidak terlepas dari bagaimana cara mereka dalam memasarkan produk. Dengan tingginya jumlah pelaku usaha yang ada tentu bisa dipastikan persaingan bisnis juga semakin kuat. Maka dari itu etika bisnis muncul pada saat pelaku bisnis tidak lepas dari sorotan etika seperti, kecurangan, penipuan, mengurangi timbangan atau takaran dan lain sebagainya.   Penelitian   ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis implementasi marketing mix studi pada masyarakatpelaku usaha kue kering di Kabupaten Tanah Datar dilihat dari perspektif etika bisnis Islam. Variabel marketing mix terdiri dari product (produk), price (harga), place (tempat atau distribusi) dan promotion (promosi). Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif.  Sumber data diperoleh degan wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui melalui tahap reduksi, display dan verivikasi data pada penerapan marketing mix kemudian dilihat dari perspektif etika bisnis Islam. Hasil penelitian ini menunjukkan marketing mix yang diterapkan oleh masyarakat pelaku usaha kue kering sudah sesuai dengan etika bisnis Islam. Hal ini dilihat dari tidak adanya penyimpangan yang melanggar dari prinsip etika bisnis Islam.

Kata Kunci : Marketing Mix, Etika Bisnis Islam

Laporan Penelitian Lengkap Dapat di Unduh pada Laman: https://lppm.uinmybatusangkar.ac.id/laporan-penelitian/